Rabu, 29 November 2017

Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk

Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk - Beberapa bulan yang lalu, Google Drive yang terinstal di laptop icon nya masih icon Segitiga, dan belum serumit saat ini, sekarang saat anda ingin instal google Drive, yang anda lihat adalah icon Awan dengan tanda panah.

Pembaharuan Google drive telah memudahkan pengguna untuk melakukan sinkron file yang ada di drive komputer offline ke akun cloud storage online, namun tidak selamanya fitur ini membantu, bagi sebagian orang, fitur ini malah terasa mengganggu dan membuat risih.

Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk
Illustrasi - Cloud Storage

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Software Google Drive untuk PC dan Laptop memiliki dua pilihan, ada yang gratis dan ada yang berbayar, fitur gratisnya tersedia 15 GB. dengan kapasitas sebesar itu mustahil rasanya untuk kita bisa membackup semua file dan folder yang ada di laptop kita, yang notabene mencapai ratusan GB. oleh karena itu kita hanya akan membackup file dan folder tertentu saja.

Disinilah letak "Mengganggu" nya google drive versi terbaru ini, dimana Software ini secara default akan "memaksa pengguna untuk melakukan backup seluruh data, sampai data dari flash drive yang kita colokkan ke laptop melalui USB Port, seperti Falsdisk, kamera dan sebagainya.

Saya sempat risa pada awalnya, namun  setelah dicari - cari saya akhirnya menemukan pengaturan sehingga saat kita mencolok flashdisk ke laptop, tidak muncul saran untuk melakukan sinkron data. nah sebelum lebih jauh kita bicara tentang cara menonaktifkan saran sinkron otomatis Google Drive saat colok USB ini saya akan juga berbagi mengenai cara instal Google Drive terbaru kepada pembaca sekalian.

A. Cara Instal Google Drive Terbaru



  1. Download File Installer
  2. Instal Software Backup dan Sinkronisasi dari Google
  3. Melakukan Login ke Software
  4. Atur Folder yang di Sinkronisasi dan Folder tempat Sinkron di Drive Komputer

Seletal selesai melakukan instal Software Backup dan Sinkronisasi dari Google ini, tinggal melakukan sinkronisasi file di laptop anda, biasanya proses sinkronisasi ini membutuhkan waktu yang agak lama, dan membutuhkan jaringan internet yang kencang.

B. Cara Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk


Setelah melakukan sinkronisasi, maka secara default saat anda menyambungkan Device baru maka anda akan otomatis disarankan untuk melakukan sinkronisasi file dalam USB Drive anda ke cloud storage online. dan ini muncul setiap kali anda melakukan aktovitas ini. untuk menonaktifkan saran tersebut anda bisa mengikti langkah - langkah berikut ini.

1. Masuk ke Preferensi Akun


Setelah anda melakukan instal Software Backup dan Sinkronisasi Dari Google ini anda akan melihat icon Awan dan Tanda Panda pada System Tray anda, jika anda ingin menonaktifkan sara  untuk melakukan sinkron file saat anda mencolok flashdisk maka anda harus masuk kedalam pengaturan preferensi akun anda terlebih dahulu

Lagkah 1 - Pilih Menu Preferensi
Lagkah 1 - Pilih Menu Preferensi

Klik Pada Icon Backup dan Sinkronisasi Dari Google kemudian klik tanda titik 3 pada status backup dan sinkronisasi file. 


Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk
Langkah 2 - Atur Preferensi
Setelah muncul popup seperti gambar diatas, klik Preferensi,  sperti yang saya tandai diatas.


Langkah 3 - Pilih Perangkat USB & Kartu SD

Setelah kalian klik preferensi maka akan muncul sebuah jendela munculan seperti gambar diatas, kemudian sialahkan kalian pilih Perangkat USB & Kartu SD.

Menghentikan Saran Sinkron Google Drive Saat Colok Flashdisk
Langkah 4 - Buang Centang 

Kemudian akan muncul lagi sebuah jendela baru seperti diatas, disana anda bisa membuang centang pada pilihan Colokkan Kamera atau ponsel melakukan Backup file. setelah anda yakin bahwa tidak ada centang pada pilihan tersebut, selanjutnya silahkan klik OKE pada pojok kanan bawah.

Nah demikianlah langkah langkah cara menghentikan saran sinkron google drive saat colok Flashdisk untuk kali ini, jika anda merasa bahwa tutorial ini bermanfaat, silahkan anda bagikan kepada teman - teman anda, sehingga informasi ini bisa sampai kepada mereka.

Artikel Terkait