Senin, 27 November 2017

Laptop Windows 10 Tidak Butuh Software Antivirus Tambahan

Laptop Windows 10 tidak Butuh Software Antivirus TambahanSoftware Antivirus adalah sebuah software yang wajib hukumnya di Instal di Laptop dengan Operating Sistem Windows, karena dipercaya dapat menangkal virus yang bisa merusak bahkan membuat data kita hilang dari laptop. Sehingga saat pertama kali kita melakukan instal OS Windows di Laptop, secara otomatis kita juga akan memasang Software Antivirus ini.

Windows adalah sebuah sistem operasi yang banyak dipakai, dan nama besar Microsoft terus melakukan innovasi dan pengembangan terhadap teknologi Microsoft ini sendiri. kehadiran Windows 10 telah banyak merubah paradigma kita tentang Microsoft dan Innovasinya. salah satu perubahan mendasara adalah pada Interface yang benar - benar baru. Jika Windows 8 tidak berubah secara signifikan dibandingkan pendahulunya, Windows 7 dan Windows XP, beda halnya dengan Windows 10 yang berbeda jauh dibanding windows 8 dan windows 7.

Laptop Windows 10 Tidak Butuh Software Antivirus Tambahan
Laptop Windows 10 Tidak Butuh Software Antivirus Tambahan

Selain pada Interface Windows, Laptop dengan OS Windows 10 juga lebih cepat loadingnya dibandingkan dengan Windows lawas. Selain itu, yang paling penting adalah upaya Microsoft untuk memenuhi  kebutuhan penggunanya, dengan melengkapi berbagai software yang diperlukan sehingga pengguna tidak harus menginstal software dari pihak ketiga.

Salah satu yang paling terasa dari innovasi ini adalah soal antivirus yang sedang kita bahas ini. Windows 10 telah menambahkankan secara default Windows Defender yang bahkan lebih bagus dibandingkan dengan antivirus yang seringkali saya instal di laptop. Ada Beberapa Kelebihan Dari Windows Defender Pada Windows 10, dibawah ini saya akan berbagi kepada pembaca sekalian mengenai kelebihan – kelebihan yang saya rasakan sendiri saat menggunakan Laptop Windows 10 Dengan Windows Defender nya. Yuk simak satu persatu dibawah ini.

1. Built In - Tidak Perlu Ribet Instal Software Tambahan Di Laptop


Kelebihan nomor wahid dari Windows Defender adalah Software ini sudah Built In Windows 10, jadi anda tidak perlu repot untuk melakukan instal software antivirus dari pihak ketiga. apalagi saat ini, hampir semua antivirus yang bagus ada harganya, dan rata - rata harga dari software antivirus ini cukup mahal. 

Jadi kelebihan pertama dari Software Windows Defender ini adalah : Tidak Perlu Di Instal, Sudah Built In di Windows, dan Tidak perlu Bayar, alias Gratis. bandingkan dengan anda yang harus membeli software Antivirus pihak ketiga, misalnya Smadav, CCleaner dan sebagainya.

2. Loading Laptop Lebih Ringan, Karena Minim Software


Software Antivirus pihak ketiga, sebut saja Smadav, akan mempengaruhi proses loading laptop, karena Software Antivirus ini akan berusaha masuk ke semua Folder dan FIle yang ada dalam laptop anda, secara otomatis, ini akan memperlambat proses Booting Laptop. selain itu, semakin banyak software yang anda instal di laptop, akan semakin banyak pula memori yang terpakai, sehingga sedikit banyak akan mempengarui performa laptop dan masa pakai baterai.

Belum lagi, kebanyakan Software antivirus pihak ketiga yang gratis, terkadang malam menjadi duri dalam daging bagi laptop kita, dan seringkali "mengada - ada", yang kita tahu bukan virus pun di anggap virus, ditambah lagi Software ini sering secara otomatis membuat shortcut sendiri. yang cukup membuat resah.

Saya juga termasuk orang yang tidak sabar saat memasukkan flasdisk ke laptop, Software seperti Smadav secara otomatis melakukan scanning pada device yang kita colok, dan ini biasanya mengganggu karena muncul popup proses scanning di pojok kanan bawah laptop. beda halnya dengan Windows Defender, aplikasi ini secara otomatis melakukan Silent Scanning bahkan tanpa kita sadari, hanya tahu - tahu sudah ada pemberitahuan ada malware berbahaya saat ditemukan ancaman di device yang kita colok tersebut.

3. Proteksi Real Time


Sejauh yang saya ketahui, Windows Defender memberikan perlindungan yang cukup baik dibandingkan antivirus pihak ketiga, Antivirus ini juga bisa mendetiksi apa saja yang berbahaya dari website yang anda kunjungi.

Menurut Wikipedia, Secara umum, Software Windows Defender ini membedakan semua software kedalam 3 jenis kategori, yaitu "Known", dikenal, "Unknown" Tidak dikenal dan "Potential Harmfull" Potensial yang tidak diinginkan.

4. Cloud-Dilevery Protekti


Proteksi jenis ini memungkinkan Microsoft untuk mengontrol dan memperoteksi laptop anda dari jarak jauh, anda bisa tetap aman dan seluruh ancaman yang masuk akan otomatis diketahui oleh microsoft, selama laptop anda terhubung ke Internet.

Laptop anda sudah terlindungi Windows Defender
Laptop anda sudah terlindungi Windows Defender

Kekurang Dari Windows Defender


Setelah bicara banyak soal kelebihan dan kemampuan dari Software Windows Defender ini, tidak adil rasanya jika saya tidak menyampaikan juga kelemahan - kelemahan aplikasi ini, dibawah ini adalah beberapa kekurang dari windows Defender menurut pengalaman saya selama memakai windows defender.

1. Over Protektive


Windows Defender menurut saya terlalu ketat, sehingga hapmpir semua ancaman dianggap berbahaya, dan bisa langsung di hapus, termasuk bagi anda yang melakukan crack dan sejenisnya, jangan harap crack anda bisa awet.

Namun tentu saja ada celahnya, Windows Defender akan memberikan kita kesempatan untuk meninjau aplikasi tersebut, apakah aplikasi ini memang virus atau bukan. jika anda ingin mendownload krack dan sejenisnya juga agak kesulitan, karena otomatis di blokir oleh Windows Defender. sehingga saya menilai aplikasi ini terlalu protektive.

Juga berlaku bagi beberapa aplikas seperti ArcGIS, jika ingin export data ada permintaan izin dan pemberitahuan tidak aman, dan ini muncul setiap kali dan tidak bisa di nonaktifkan notif nya. cukup membuat risau pengguna bukan?.

2. Seringkali Update


Microsoft sendiri, pasca diluncurkannya Windows 10 sudah tidak terhitung jumlah update yang  diberikan, dan update yang paling sering adalah soal keamanan, hal ini bisa jadi menguntungkan dan bisa juga membuat kita menjadi tidak produktif. keuntungannya adalah jenis virus baru akan segera diatasi. namun sisi negatifnya adalah kita membuang banyak waktu saat menunggu proses restart pada saat update.

Penutup


Demikianlah artikel saya mengenai Laptop Windows 10 Tidak Butuh Software Antivirus Tambahan ini, masih banyak sekali kekurangan dari tulisan ini, harapannya kawan - kawan sekalian mau memberikan masukan dan saran untuk perbaikan web ini dimasa yang akan datang. Jika anda merasa bahwa artikel yang saya buat disini bermanfaat, anda bisa bagikan artikel ini kepada teman -teman anda, sehingga mereka tidak perlu pusing lagi harus instal aplikasi, apalagi sampai beli Antivirus Pihak Ketiga yang cukup mahal.

Artikel Terkait